Gulai Ceker Pedas enak dan Bergizi, ini Bumbu dan Cara bikinnya

0

Kali ini kita mau bikin masakan kuliner CERDAS, kira-kira apa yach cerdas itu,,,? Ada yang tahu cerdas itu kuliner apa,,,? Hem,,, mari kita lihat yach Bucan(bunda cantik), resep dari saya yaitu CERDAS (ceker pedas). Cerdas kali ini bukan cerdas yang bias Bucan masak sehari-hari yach, cerdas kali ini ada sedikit tambahan bumbu yang membuat cerdas wangi dan bisa mengguggah selera makan anda.

Yap,,,,! Dengan sedikit tambahan dau kemangi cerdas tersebut bisa  menyempurnakan rasa masakan. Bikin penasaran kan Bucan,,,? Yuk ah kita buat sama-sama cerdasnya (ceker pedas) dengan bumbu dan cara yang mudah dan gampang di dapat.

Mari kita lihat sama-sama, selamat menyaksikan.

CERDAS (CEKER PEDAS)

BAHAN

  • ½ kg ceker ayam segar

BUMBU TABUR

  • 2-3 Lembar daun  salam
  • 2 lembar daun jeruk remas
  • 2 ruas sereh peprek
  • 2 genggam daun kemangi ambil daunnya saja

BAHAN YANG DI HALUSKAN

  1. 3 Siung bawang putih
  2. 5 Siung bawang merah
  3. 1 ruas jahe sedang
  4. 1 ruas kunyit sedang
  5. 10 cabe rawit bisa lebih sesuai selera
  6. 4 cabe kriting
  7. 3 tomat
  8. 2-3 sendok saos pedas
  9. 3 butir merica
  10. 5 sdm minyak sayur
  11. Garam
  12. Gula merah
  13. Penyedap
  14. Kecap manis secukupnya
  15. Air secukupnya

CARA DAN LANGKAH MEMBUAT  CEKER PEDAS DENGAN BERBAGAI REMPAH YANG EMPUK

1.       Terlebih dahulu kita bersihkan ceker ayam dari kotoran dan juga kukunya, lalu cuci bersih dengan air yang mengalir,  lalu seduh dengan air mendidih diamkan sebentar dan tiriskan.

2.       Siapkan panci dan tuang air secukupnya untuk merebus ceker tersebut, lalu tuang minyak sayur 2 sendok, garam dan 1 helai sereh rebus ceker sampai lunak dan empuk lalu tiriskan.

3.       Selanjutnya kita siapkan bumbu yang di haluskan seperti : merica, tomat, cabe keriting, cabe rawit, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih giling sampai benar-benar halus sisihkan.

4.       Siapkan wajan tuang minyak biarkan sampai panas, baru bisa muali menumis, pertama masukan dulu daun salam, sereh, tongseng sampai harun.

5.       Baru selanjutnya bisa tuangkan bumbu tadi  goreng sampai harum dan tuang air sedikit demi sedikit biarkan sampai bumbu matang.

6.       Setelah itu masukan  ceker yang sudah di rebus tadi aduk-aduk sampai bumbu meresap.

7.        Baru bisa tuang kecap, garam, penyedap,  gula, daun kemangi, saos pedas aduk rata dan biarkan sampai air menyusut.

8.       Setelah di rasa sudah matang dan empuk baru bisa sajikan di tempat penyajian

9.       Cerdas pun sudah matang sempurna.

Tips :

1.       Usahakan  setiap kali kita mau memasak daging ayam, sebaiknya setelah kita cuci bersih, rendam daging dengan air hangat dan diamkan sebentar lalu angkat tiriskan jika perlu sehabis di rendam bisa cuci ulang sampai busa dalam air rendaman benar-benar bersih dari daging tersebut.

2.       Kenapa kita harus merendam dagingnya terlebih dahulu, karena  ayam sejatinya banyak menyimpan bakteri dan juga kotoran yang tanpa di sadari bisa masuk ke dalam tubuh kita.

3.       Jadi jika ingin tubuh kita terhindar dari bakteri dan juga kotoran tersebut, bucan(bunsa cantik) bisa lakukan tip dari saya ini.

Selamat menikmati dan selamat menjalankan hidup sehat semoga kita terhindar dari segala penyakit.

Semoga artikel ini bermanfaat,,,

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave A Reply